Tuesday, January 31, 2017

Firewall

Assalamuallaikum 
WarahmatullahiWabarakatuh.


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Kembali lagi dengan saya di blog yang sama, sebelumnya kita sudah sharing deskripsi mengenai beberapa materi. Nah pada kesempatan kali ini, saya akan sharing lagi nih deskripsi mengenai Firewall. Ya mungkin kita sudah tidak asing lagi mendengar kata Firewall tersebut, maka dari itu untuk mengetahui lebih dalam mengenai Firewall, tetap ikuti artikel ini hingga abis ya. Nanti kan pengunjung sekalian juga bisa sharing, memberi saran dan masukkan di comment yang terletak di bawah artikel ini hehe. Langsung saja yuk kita masuk ke pembahasan. 


Pengertian Firewall
Jadi apa sih yang dimaksud dengan firewall ? jika kita artikan firewall kedalam bahasa indonesia, maka akan menjadi tembok api, yang dimaksud tembok api tersebut adalah suatu sistem keamaan yang digunakan untuk melindungi komputer, dari beberapa kemungkinan serangan yang dilakukan dari luar komputer tersebut. 

Jadi bisa dikatakan firewall adalah suatu sistem perangkat lunak yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dikatakan aman untuk bisa melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang dianggap tidak aman. Pada umumnya firewall atau tembok api ini diterapkan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal dengan jaringan internet.


Seperti yang dikatakan tadi, firewall ini berjalan di tengah - tengah antara jaringan lokal dan jaringan internet, sehingga firewall ini dapat digunakan untuk membatasi atau mengontrol akses terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari pihak luar. Saat ini firewall sudah menjadi suatu kebutuhan khusus yang sangat membantu seorang user agar komputer nya menjadi ter proteksi. Mengingat saat ini juga banyak perusahaan maupun perseorangan yang memiliki akses ke internet maka tentunya akan membutuhkan sebuah perlindungan atau proteksi aset digital perusahaan tersebut dari rawannya serangan para hacker, pencurian data, maupun spionisme. Maka dapat dikatakan firewall ini memiliki fungsi yang sangat penting dan bermanfaat bagi para pengguna yang memiliki akses ke internet.

Jadi firewall ini dapat memproteksi komputer kita, firewall mengatur lalu lintas paket data yang akan keluar dan masuk, apabila paket data tersebut dianggap aman maka paket data tersebut boleh melewati firewall dan apabila paket data dianggap tidak aman atau berbahaya maka firewall tidak akan mengizinkan paket data yang tidak aman tersebut untuk melewati firewall. 

Dan bayangkan saja bila kita memiliki akses ke internet dan kita tidak menggunakan firewall, maka tentu saja orang lain seperti hacker mudah untuk meretas komputer kita, dan bisa saja hacker tersebut berbagi virus ke komputer kita. Karena komputer kita sedang tidak menggunakan firewall dan tidak ada yang melakukan filter paket data yang keluar masuk. Maka dari itu firewall sangat penting dan bermanfaat.

Ohiya firewall ini dapat berupa sebuah perangkat lunak (program komputer atau aplikasi) atau perangkat keras (perangkat yang memungkinkan untuk menjalankan program firewall) yang dapat menyaring lalu lintas paket data pada jaringan.

Fungsi Firewall
Pada dasarnya firewall dapat melakukan hal - hal sebagai berikut :
  • Mengontrol dan mengatur lalu lintas jaringan
  • Memfilter dan mengontrol lalu lintas paket data yang diizinkan untuk mengakses jaringan privat yang dilindungi. Berikut ini adalah kriteria yang memungkinkan firewall mengizinkan paket data boleh lewat atau tidak :
    • Alamat IP dari komputer sumber
    • Port TCP/UDP sumber, dari komputer sumber
    • Alamat IP dari komputer tujuan
    • Port TCP/UDP tujuan, pada komputer tujuan
    • Informasi dari header yang disimpan dalam paket data
  • Melakukan autentikasi terhadap akses 
  • Aplikasi proxy firewall mampu memeriksa lebih dari sekedar header dari paket data
  • Mencatat semua kejadian yang terjadi di firewall, dan melaporkan kepada administrator
Manfaat Firewall
Berikut manfaat dari firewall :
  • Mengatur lalu lintas/trafic data antar jaringan
  • Dapat mengatur port atau paket data yang diperbolehkan atau ditolak
  • Autentikasi terhadap akses
  • Memonitoring atau mencatat lalu lintas jaringan
Cara Kerja Firewall
Komputer memiliki ribuan port yang dapat diakses untuk melakukan beberapa keperluan, dan cara kerja firewall ini adalah dengan menutup port kecuali untuk port tertentu yang dibiarkan terbuka. Pada umumnya hacker bekerja dengan cara mencari port yang terbuka supaya dia tetap masuk dan mengaksesnya, maka dari itu firewall menjadi pertahanan terdepan yang digunakan untuk proteksi atau perlindungan.

Teknologi firewall saat ini sudah canggih, Sebelumnya cara kerja firewall adalah dengan menyaring lalu lintas jaringan yang menggunakan IP Address, nomor port dan protocol. Tapi saat ini firewall dapat menyaring data dengan mengidentifikasi pesan konten itu sendiri, dengan bantuan firewall informasi sensitif atau tidak layak dapat dicegah melalui interface. Maka dari itu lapisi komputer dan sistem keamanan jaringan anda dengan firewall.

Pada umumnya firewall berada di antara kedua jaringan seperti internet dan komputer sehingga firewall berungsi sebagai pelindung atau proteksi. Tujuan utama firewall adalah untuk user yang tidak menginginkan lalu lintas jaringan yang berusah masuk ke dalam komputer, tetapi bukan hanya itu saja yang dapat dilakukan firewall. Firewall juga dapat mengidentifikasi atau menganalisis jaringan yang mencoba masuk ke komputer kita, dan firewall juga tau apa yang harus dilakukan ketika jaringan tersebut mencoba masuk ke komputer kita. Seperti contohnya firewall mampu melakukan pemblokiran terhadap jaringan yang akan keluar masuk atau mencatat log lalu lintas jaringan yang mencurigakan.

Firewall juga memiliki aturan yang dapat kita atur baik ditambahkan maupun dihapus untuk menolak jaringna tertentu. Contohnya seperti hanya dapat mengakses alamat IP tertentu atau mengumpulkan semua akses dari tempat lain untuk ke satu tempat yang aman terlebih dahulu.

Jadi kesimpulannya firewall itu adalah sebuah sistem keamanan yang dapat digunakan sebagai proteksi atau pelindung paket data, firewall terletak diantara jaringan privat dan jaringan lokal. Dengan demikian jaringan lokal dapat terproteksi dari kemungkinan serangan dari jaringan luar menggunakan firewall. 

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sharing. Mohon maaf bila banyak kesalahan dan kekurangan.

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat.


Wassalamuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

0 komentar:

Post a Comment